Rekomendasi Diet Terbaik Bagi Ibu dan Janin Dalam Kehamilan

Rekomendasi Diet Terbaik Bagi Ibu dan Janin Dalam Kehamilan

Makanan dengan gizi yang cukup merupakan kebutuhan individu, setiap makanan memiliki gizi yang berbeda sehingga anda harus cermat dalam memilih makananan setiap hari untuk memenuhi kecukupan gizi sesuai dengan kebutuhan. Keseimbangan gizi  adalah terpenuhinya zat gizi baik secara mikro ataupun makro yang dibutuhkan sesuai dengan masing-masing individu. Keseimbangan gizi ditentukan oleh jenis kelamin, usia dan keadaan individu. Bagi ibu hamil asupan gizi yang seimbang merupakan modal awal dalam memberikan kehidupan yang terbaik selama janin berkembang di dalam kandungan.

Gizi dan Nutrisi ibu hamil merupakan hal penting yang harus dipenuhi selama kehamilan berlangsung.  Resiko akan kesehatan janin yang sedang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang jika ibu hamil mendapatkan gizi dan nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu, keluarga dan ibu hamil haruslah memperhatikan mengenai hal ini. Gizi atau nutrisi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat. Cuman saja, ibu hamil harus lebih hati-hati dalam memilih makanan karena mengingat juga kesehatan janin yang sedang dikandungnya. Bersama dengan usia kehamilan yang terus bertambah, makan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, khususnya ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada saat trimester kedua, janin tumbuh dengan sangat pesat, khususnya mengenai pertumbuhan otak berikut susunan syarafnya.

Nutrisi dan gizi yang baik ketika kehamilan berlangsung sangat membantu ibu hamil dan janin dalam menjalani hari-hari kehamilannya. Tentunya ibu hamil dan janin akan tetap sehat. Selama kehamilan, kebutuhan nutrisi akan meningkat sepeti kebutuhan akan kalsium, zat besi serta asam folat. Ibu hamil haruslah di beri dorongan agar mengkonsumsi makanan yang baik nan bergizi, ditambah kontrol terhadap kenaian berat badannya selama kehamilan berlangsung. Kenaikan berat badan yang ideal berkisar antar 12-15 kilogram.

Penting sekiranya untuk anda yang akan mempersiapkan kehamilan untuk memperhatikan asupan gizi agar ketika anda hamil, gizi yang terkandung di dalam tubuh telah mampu mendukung perkembangan awal janin. Gizi seimbang pada ibu hamil didapat dari menu yang seimbang setiap harinya, tidak berlebih ataupun kurang. Selama kehamilan ibu membutuhkan gizi yang seimbang melebihi wanita pada umumnya hal ini dikarenakan ibu hamil harus memenuhi nutrisi janin. Bila anda kurang memperhatikan asupan nutrisi selama kehamilan maka akan meningkatkan gangguan kehamilaan terutama yang berhubungan dengan perkembangan janin. Kecukupan gizi sangat bermanfaat dalam kesehatan ibu hamil, kesehatan janin di dalam kandungan dan mempersiapkan persalinan anda.

Makanan yang bervariasi akan membantu ibu hamil dalam memberikan ketersedian nutrisi yang dibutuhkan dalam kesehatan anda dan janin. Gizi yang dibutuhkan ibu hamil adalah dengan kandungan zat tenaga yang biasanya dihasilkan dari jenis makanan karbohidrat, nasi putih, nasi merah, jagung, roti gandum, sereal. Zat pembangun yang dihasilkan dari beberapa makanan mengandung protein baik hewani maupun nabati dan zat pengatur yang ditemukan pada jenis buah dan sayuran. Bagi anda yang memasuki kehilangan nafsu makan di trimester pertama kehamilan maka bisa makan sedikit demi sedikit dalam jangka waktu yang berdekatan, konsumsi jenis makanan dengan variasi yang berbeda setiap harinya meskipun sedang beradaptasi dengan kehamilan akan tetapi penting untuk anda memperhatikan asupan gizi. Gizi yang seimbang bisa anda hadirkan di setiap menu anda tanpa harus mahal. Karbohidrat pada ibu hamil dibutuhkan sebanyak 6 piring setiap hari mengingat kalori yang dibutuhkan dalam perkembangan janin lebih besar dari pada wanita umumnya.

Selain itu untuk anda yang telah memasuki usia kandungan trimester akhir sangat membutuhkan energi untuk mempersiapkan persalinan. Sediakan selalu sayuran didalam menu anda, setiap hari membutuhkan 3 mangkok dengan fungsi untuk memperlancar pencernaan anda, mengingat ibu hamil sangat rentan terhadap sembelit dan wasir. Buah-buahan bisa menjadi makanan penutup atau cemilan, kandungan vitamin dapat membantu anda dalam mempercepat penguraian seperti misalnya zat besi dengan vitamin C. Protein yang berasal dari hewan dan juga nabati dibutuhkan dalam porsi yang sama yaitu satu kerat setiap menu makan anda sehingga setiap hari diperlukan tiga kerat. Sempurnakan menu makan anda dengan susu khusus kehamilan sehingga memberikan kelengkapan nutrisi  bagi anda, konsumsi susu pada siang dan malam hari. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan kehamilan terutama dengan asupan gizi  sehingga membutuhkan konsultasi lebih lanjut dengan dokter. Kecukupan gizi ibu hamil memang memiliki kesamaan dengan wanita lainya hanya kuantitas dan kualitas yang lebih tinggi, asam folat, vitamin B, kallsium, Vitamin E dan omega 3 juga sangat berperan dalam kehamilan anda.

Makanan merupakan salah satu kunci utama untuk mendapatkan sebuah kehamilan yang sehat. Dengan melakukan cara makan yang sehat, bukan hanya akan membuat ibu hamil fit dan sehat, tapi juga akan membantu perkembangan yang sehat bagi bayi dalam kandungannya. Ingat bahwa perkembangan bayi dalam kandungan sangat tergantung dari apa yang anda berikan dan lakukan baginya. Dalam masa kehamilan salah satu bagian yang penting dalam membantu perkembangan janin dalam kandungan adalah apa yang anda makan dan bagaimana cara makan anda selama kehamilan itu.

Beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan:

  • Ubah Pola makan Ubahlah cara makan anda meskipun anda sudah merasa makan dangan baik. Ingat, anda sekarang sedang hamil maka diet makanan anda harus mengikuti diet makan untuk ibu hamil. Pada kehamilan Anda membutuhkan lebih banyak konsumsi protein ,kalori (untuk energi),vitamin dan mineral seperti asam folat dan zat besi untuk perkembangan bayi anda juga. Ingat, anda membutuhkan tambahan 300 kalori perhari.
  • Menghindari makanan yang membahayakan Diantara makanan yang harus dihindari adalah daging dan telur mentah, keju lunak ,susu yang tidak di pasteurisasi, alkohol, juga kafein. Untuk lebih lengkapnya mengenai makanan yang harus dihindari, silahkan baca artikel: Makanan Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan
  • Jangan diet selama kehamilan Kehamilan bukan masa yang tepat untuk diet karena hanya akan membahayakan ibu dan bayi diet selama hamil akan menyebabkan kurang vitamin, mineral dan lain-lain yang penting selama kehamilan. pertambahan berat badan pada kehamilan merupakan salah satu tanda yang baik pada kehamilan yang sehat. Ibu hamil yang makan dengan baik akan bertambah berat badannya secara bertahap, umumnya akan melahirkan bayi yang sehat.Makan dengan
  • Porsi Kecil tapi Sering Pada trimester pertama biasanya terdapat keluhan mual muntah, cobalah atasi dengan makan dengan porsi kecil tapi sering, hindari makanan pedas dan berminyak. Makan dengan porsi yang kecil tapi di lakukan beberapa kali dianjurkan setiap empat jam.Ingat, meskipun anda tidak lapar tapi bayi anda membutuhkan makanan secara teratur.
  • Minum Vitamin Kehamilan Secara Teratur Makanan yang anda makan adalah sumber vitamin yang paling baik, tetapi apakah anda yakin diet makanan anda cukup mengandung vitamin yang dibutuhkan selama kehamilan, yang terutama zat besi dan asam folat yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan bayi sehat ? Untuk itu, anda sebaiknya meminum vitamin secara teratur.
  • Minum Air yang Cukup Usahakan minum air 8 gelas sehari.Karena anda butuh cairan yang cukup bagi anda dan juga bayi anda. 33% pertambahan berat badan pada kehamilan adalah cairan. Cairan di butuhkan untuk membangun sel darah merah bayi untuk sistim sirkulasinya cairan ketuban. Tubuh anda juga perlu air selama kehamilan untuk mengatasi konstipasi dan mengatur suhu tubuh.
  • Makanan Berserat, Buah-buahan dan Sayuran Perbanyaklah makan-makanan yang berserat tinggi. Buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengatasi konstipasi anda selama kehamilan.

Nutrisi Penting Selama Kehamilan. Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil akan meningkat, terutama setelah memasuki kehamilan trimester kedua. Sebab pada saat itu, pertumbuhan janin berlangsung pesat – terutama perkembangan otak dan susunan syaraf ? dan membutuhkan asupan gizi yang optimal.

Nutrisi yang diperlukan adalah:

  • Kalori. Selama kehamilan konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal perharinya. Kalori yang di dapat haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya. Baiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta buahan bisa melengkapi.
  • Asama Folat. Janin sangat membutuhkan asam folat dalam jumlah banyak guna pembentukan sel dan sistem syaraf. Selama trimester pertama janin akan membutuhkan tambahan asam folat sebanyak 400 mikrogram per harinya. Jika janin mengalami kekurangan akan asam folat, maka hal ini akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna dan dapat membuat janin terlahir dengan kelainan seperti mengalami anenchephaly (tanpa batok kepala), mengalami bibir sumbing dan menderita spina bifda (kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung). Asam folat yang bisa di dapat pada buah-buahan, beras merah dan sayuran hijau. Asam Folat. Asam folat ini biasanya dibutuhkan sebelum mengalami kehamilan hingga pada trimester pertama kehamilan. Kelainan otak dan tulang belakang ini dapat dicegah dengan asam folat ini.
  • Protein. Selain menjadi sumber bagi kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel merupakan salah satu fungsi protein. Protein dibutuhkan oleh ibu hamil dengan jumlah sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari biasanya. Protein bisa didapatkan dari kacang-kacangan, tempe, putih telur, daging dan tahu.  Protein hewani terdapat pada daging merah, unggas, ikan, telur dan juga susu. Sedangkan protein nabati terkandung dalam tempe, kacang-kacangan, dan lainnya. Protein ini sangat dibutuhkan untuk sumber kalori, membentuk sel darah, membangun sel-sel yang baru pada janin, dan membentuk hormon pada ibu dan janin.
  • Kalsium. Berfungsi dalam pertumbuhan dan pembentukan gigi dan tulang janin. Dengan ada kalsium yang cukup selama kehamilan, ibu hamil dapat terhindar dari penyakit osteoporosis. Kenapa hal ini bisa terjadi? karena jika ibu hamil tidak memiliki kalsium yang cukup, maka kebutuhan janin akan kalsium akan diambil dari tulang ibunya. Susu dan produk olahan lainnya merupakan sumber kalsium yang baik, selain kalsium, susu memiliki kandungan vitamin lain yang dibutuhkan ibu hamil, seerti vitamin A, Vitamin D, Vitamin B2 vitamin B3 dan vitamin C. Selain dari susu, kacang-kacangan dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik juga. Demi memenuhi kebutuhan kalsium, ibu hamli membutuhkan 1000 mg setiap harinya demi menjaga tulang dan gigi. Kalsium juga dapat meminimalisair resiko pre-ekslamsia atau darah tinggi. Dapatkan asupan kalsium dari salmon, yogurt, brokoli dll.
  • Vitamin A. Sangat bermanfaat bagi pemeliharaan fungsi mata, pertumbuhan tulang dan kulit. Selain itu vitamin A juga berfungsi sebagai imunitas dan pertumbuhan janin. Namun meskiun vitamin A sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, namun jangan samapi berlebih dalam mengkonsumsinya, karena jika ibu hamil mengalami kelebihan vitamin A hal ini dapat membuat janin terganggu pertumbuhannya.
  • Zat Besi. Berfungsi di dalam pembentukan darah terutama membentuk sel darah merah hemoglobin dan mengurangi resiko ibu hamil terkena anemia. Zat besi akan diperlukan pada saat kehamilan memasuki usia 20 minggu. Kebutuhan akan zat besi sebanyak 30 mg per harinya. Zat besi dapat diperoleh pada hati, daging atau ikan. Zat besi. Zat besi ini sangat dibutuhkan untuk mencegah anemia. Daging merah dan bayam lah yang banyak mengandung zat besi ini.
  • Vitamin C. Tubuh ibu hamil memerlukan vitamin C guna menyerap zat besi. Selain itu vitamin C sangat baik guna kesehatan gusi dan gigi. Fungsi lain dari vitamin C adalah melindungi jaringan dari organ tubuh dari bberbagai macam kerusakan serta memberikan otak berupa sinyal kimia, hal terjadi karena vitamin C banyak mengandung antioksida
  • Vitamin D. Dapat meneyerap kalsium sehingga sangat bermanfaat dalam pembentukan dan pertumbuhan tulang bayi. Vitamin D dapat di dapat dari sumber makanan, susu, kuning telur atau hati ikan.
  • Jika ibu hamil tidak mengalami berbagai macam gejala seperti anemia, gusi berdarah dan gejala lainnya, maka ibu hamil tersebut dapat dikatakan telah mencukupi kebutuhan akan gizi dan nutrisinya. Hal yang lebih penting untuk mengecek kecukupan nutrisi selama kehamilan adalah tentunya melalui perkembangan berat badan selama kehamilan. Tentunya kenaikan berat badan berbeda-beda tiap bulannya.
  • Namun bagaimana jika selama kehamilan ibu hamil mengalami kekurangan asupan gizi? maka hal ini bisa berdampak pada terjadinya bayi terlahir secara prematur, mengakibatkan keguguran, adanya kelainan bayi dalam sistem syarafnya, janin berkembang tidak normal, bahkan hingga menyebabkan kematian janin. Jadi, perhatikan betul mengenai asupan gizi selama kehamilan, yang perlu diingat, janganlah memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi karena kuantitas, tapi gizi yang berkualitas dengan komposisi yang berimbang dan cukup, itu yang terpenting.
  • Karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga untuk menghasilkan kalori dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian.
  • Protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur dan kacang-kacangan.
  • Mineral sebagai zat pengatur dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur – sayuran.
  • Vitamin B kompleks berguna untuk menjaga sistem saraf, otot dan jantung agar berfungsi secara normal. Dapat dijumpai pada serealia, biji – bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, ragi, telur dan produk susu.
  • Vitamin D berguna untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang bayi Anda. Sumbernya terdapat pada minyak hati ikan, kuning telur dan susu.
  • Vitamin E berguna bagi pembentukan sel darah merah yang sehat. Makanlah lembaga biji-bijian terutama gandum, kacang-kacangan, minyak sayur dan sayuran hijau.
  • Asam folat berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat terdapat dalam jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.
  • Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil agar terhindar dari anemia, banyak terdapat pada sayuran hijau (seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya), daging dan hati.
  • Kalsium, diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin, serta melindungi ibu hamil dari osteoporosis Jika kebutuhan kalsium ibu hamil tidak tercukupi, maka kekurangan kalsium akan diambil dari tulang ibu. Sumber kalsium yang lain adalah sayuran hijau dan kacang-kacangan. Saat ini kalsium paling baik diperoleh dari susu serta produk olahannya. Susu juga mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, D, B2, B3, dan vitamin C

Rekomendasi Diet

  • Perbanyaklah konsumsi serat sayuran, hindari sayur bersantan. Ibu hamil butuh sekitar 30 gram serat sayur. Sebagai gambaran, setiap 100 gram sayur kangkung terdapat 1 gram serat, setiap 100 gram sawi hijau mengandung sekitar 1.2 gram serat. nah loh ?? banyak kan kebutuhan ibu hamil. Yup, mencukupi kebutuhan serat, membantu ibu hamil terbebas dari obesitas saat kehamilan, InsyaAllah anak akan jauh dari resiko genetik penyebab kegemukan.
  • Untuk konsumsi lemak baik, konsumsilah buah alpukat yang mengandung omega-3. Alpukat itu mengandung lemak yang baik, kalo duren itu mengandung trigliserid yang lumayan tinggi. Sebagian orang menjauhi alpukat dan mendekati duren, kebalik itu.
  • Perbanyak konsumsi ikan, boleh ikan laut atau ikan tawar. Ikan laut dan seafood itu berbeda, yang saya maksudkan adalah ikan laut ya.
  • Batasi asupan kalori. Makanan yang berkalori tinggi dan miskin nutrisi seperti krupuk, kripik, minuman bersoda, jajanan gorengan, junk food, dll sebaiknya dihindari. Pilih makanan yang bernutrisi dan rendah kalori.
  • Cukupi sekitar 50% kebutuhan energi protein harian anda. Karena protein membantu anda kenyang lebih lama dan membantu mengontrol keinginan ngemil anda.
  • Kacang ijo, labu siam, buah pepaya, itu baik untuk ibu hamil. Diet adalah manajemen makan, bukan mengurangi porsi makan. Setiap 100 gram labu siam mengandung serat sekitar 1.7 gram. Labu siam ini sangat baik untuk lambung yang sensitif dan radang usus. Setiap 100 gram labu siam sudah mengandung sekitar 90-93 mcg asam folat. Ada yang mengatakan kebutuhan asam folat ibu hamil itu 400 mcg, tapi menurut saya sih, mantepnya itu 800 mcg. Nilai 400 mcg itu untuk wanita dewasa yang tidak hamil.
  • Kacang ijo, brokoli, alpukat dan bayam, semuanya kaya akan asam folat. Nutrisi yang sangat penting untuk ibu menyusui diantaranya: asam folat, selenium, omega-3.
  • Rutin melakukan olahraga selama masa kehamilan, seperti berjalan kaki, senam.
  • Menyusun menu dengan gizi seimbang.
  • Wajib sarapan pagi. Sarapan adalah jadwal makan paling utama, dan usahakan tidak terlambat sarapan. Terlambat sarapan akan mengurangi ke-efektif-an manfaat sarapan pagi. Sarapan pagi yang bernutrisi, bukan sekedar kenyang. Sarapan pagi-lah dengan menu terbaik, untuk makan siang boleh dengan menu mengenyangkan. Menu mengenyangkan dan menu terbaik adalah 2 hal yang berbeda.
  • Pilih variasi menu yang mewakili setiap kelompok makanan, agar Ibu mendapatkan nutrisi berimbang.
  • Jika Ibu merasa kurang dapat memenuhi konsumsi nutrisi penting tertentu, mintalah rekomendasi dokter kandungan tentang jenis suplemen kehamilan yang tepat.
  • Konsumsi suplemen asam folat pada 12 minggu pertama kehamilan.
  • Makan teratur tiga kali sehari, dan selingi dengan 2-3 cemilan ringan setiap harinya.
  • Banyak mengonsumsi makanan berserat, seperti sayuran, buah, sereal gandum dan biji-bijian.
  • Minum sedikitnya 6-8 gelas air putih dalam sehari.
  • Asupan cairan lain seperti susu rendah lemak, jus buah segar, dan sup juga baik untuk kesehatan kehamilan.
  • Gunakan minyak yang lebih sehat untuk masakan, seperti minyak jagung, zaitun, dan bunga matahari.
  • Batasi konsumsi makanan olahan dan berbahan pengawet yang cenderung banyak mengandung garam.
  • Jangan minum lebih dari 3 gelas teh atau kopi dalam sehari untuk mengurangi asupan kafein ke dalam tubuh.

Harus Dihindari

  • Alkohol
  • Obat-obatan tertentu
  • Nikotin
  • Kafein
  • Keju yang tidak dipasteurisasi
  • Susu, jus, dan sari apel yang tidak dipasteurisasi
  • Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah
  • Daging mentah atau setengah matang, ikan (sushi), atau kerang
  • Daging olahan seperti hot dog

 

Supported By:

GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 97730777
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***

Clinical – Editor in Chief : Dr WIDODO JUDARWANTO, pediatrician email : judarwanto@gmail.com curriculum vitae Creating-hashtag-on-twitter: @WidoJudarwanto www.facebook.com/widodo.judarwanto Mobile Phone O8567805533 PIN BB 25AF7035 We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2014, GRoW UP CLINIC Information Education Network. All rights reserved

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s