Anak Rajin Minum Susu Akan Lebih Tinggi

image

Penelitian
menunjukkan bahwa a
nak yang minum lebih dari 500 ml susu per hari atau sekitar 2 gelas per hari, terbukti memiliki tubuh 2,5 cm lebih tinggi dalam tiga tahun dibanding anak yang minum susu kurang dari 500 ml per hari. Minum susu dapat memenuhi kebutuhan kalsium anak. Satu gelas susu atau sekitar 250 ml saja mengandung sekitar 280 mg kalsium. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2013, anak usia 1-3 tahun butuh 650 mg kalsium per hari, usia 4-9 tahun butuh 1000 mg kalsium, dan 10-18 tahun butuh 1200 mg kalsium.

Kalsium juga bisa didapatkan anak dari makan brokoli, bayam, semangka, hingga telur. Namun, butuh porsi yang sangat banyak untuk setara dengan kandungan kalsium dalam susu. Satu mangkok brokoli misalnya, hanya mengandung 35 mg kalsium atau butuh 8 mengkok brokoli (sekitar 1,5 kg) untuk sama dengan satu gelas susu.

Sebuah studi menunjukkan, anak yang rajin berolahraga memiliki kepadatan tulang 7,6-10,5 persen lebih tinggi saat dewasa dibanding yang tidak. Tak hanya itu, anak-anak ternyata juga harus istirahat yang cukup.

image

Secara umum tinggi badan anak dapat bertambah 5-6 cm per tahun dimulai sejak usia 2 tahun hingga masa pubertas. Dengan minum susu, pertumbuhan tulang anak akan lebih optimal. Efek jangka panjang, anak yang konsumsi susu kurang dari 1 kali per hari, saat dewasa memiliki kepadatan tulang 5,6 persen lebih rendah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s