Penelitian Kecukupan Gizi Susu Formula Bayi Kambing Untuk Bayi

wp-1465005737780.jpgPenelitian Kecukupan gizi Susu Formula Bayi Kambing Untuk Bayi

Kelayakan keamanan dan kecukupan susu formula susu kambing telah dipertanyakan. Penelitian menunjukkan perbandingan pertumbuhan dan status gizi bayi yang diberi susu formula susu kambing dengan bayi yang diberi susu formula susu formula whey. Penelitian tersebut juga untuk menguji berbagai hasil terkait kesehatan dan alergi. Uji coba terkontrol acak buta ganda dengan 200 bayi dengan status pemberian susu formula secara acak diberi susu kambing atau susu sapi dari 2 minggu sampai usia minimal 4 bulan. Sebuah kelompok dari 101 bayi yang disusui dimasukkan untuk perbandingan. Berat, panjang dan lingkar kepala diukur pada umur 2 minggu dan 1, 2, 3, 4, 6 dan 12 bulan. Status gizi dinilai dari kadar serum albumin, urea, kreatinin, Hb, feritin, dan folat dan plasma amino acid pada 4 bulan. Skor Z untuk berat, panjang, lingkar kepala dan berat untuk panjang tidak berbeda antara kedua kelompok susu formula.

  • Ada perbedaan nilai beberapa asam amino dan biomarker darah di antara kelompok susu formula, namun nilai rata-rata untuk biomarker berada dalam kisaran referensi normal.
  • Tidak ada perbedaan dalam kejadian efek samping yang serius, kesehatan umum, dan kejadian dermatitis atau alergi makanan yang didiagnosis secara medis.
  • Kejadian tinja bernoda darah yang dilaporkan orang tua lebih tinggi pada kelompok susu formula kambing, meskipun ini adalah hasil sekunder dan kepentingannya tidak jelas.
  • Formula susu kambing memberikan pertumbuhan dan hasil gizi pada bayi yang tidak berbeda dengan formula susu sapi whey berbasis standar.

Referensi:

  • Zhou SJ1, Sullivan T2, Gibson RA3, Lönnerdal B4, Prosser CG5, Lowry DJ5, Makrides M1. Nutritional adequacy of goat milk infant formulas for term infants: a double-blind randomised controlled trial.Br J Nutr. 2014 May;111(9):1641-51.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s